12 Des 2010

GTA 4 full version


Rockstar memenuhi janji untuk menghadirkan game yang memikat dengan segudang fitur yang menyenangkan. Namun tetap ada satu hal yang menyebalkan dari GTA IV untuk PC.

(bagian 3 dari 3 tulisan)

Ada banyak alasan untuk menyukai GTA IV, selain yang telah disebutkan di atas Rockstar juga menambahkan banyak fitur baru yang makin membuat waktu di Liberty City terasa menyenangkan. Ada fitur yang terkait cerita utama game ada juga yang sifatnya melengkapi.

Misalnya, ada fitur unik yang dinamakan 'Morality choices' yang memberikan kebebasan untuk memilih membunuh sasaran atau membiarkannya hidup pada ujung misi-misi tertentu.  Pilihan itu tentunya akan berdampak pada misi berikutnya.

Dalam menjalankan misi pun mengalami perubahan. Pemain bisa menolak misi tertentu yang ditawarkan dan dapat berujung pada akhir cerita yang berbeda.

Fitur tak terkait misi dan yang hanya ada di GTA IV untuk PC adalah Video Editor. Fitur ini menyenangkan untuk digunakan karena bisa merekam kejadian yang seru dan menyuntingnya layaknya seorang editor film.

Pemain dapat memasukkan musik, teks, ataupun animasi ke dalam video yang direkam. Dan ketika semuanya sudah tampak sempurna, hasilnya bisa dipublikasikan melalui Rockstar Social Club.

Masih ada banyak fitur menyenangkan Grand Theft Auto IV. Misalnya, selain dapat menjalin hubungan dengan kekasih pemain juga bisa menghabiskan waktu bersama karakter lain untuk sekadar bermain Bowling, makan di restoran hingga pergi ke Nightclub.

Dan tidak ketinggalan fitur untuk mendengarkan koleksi lagu dari hardisk yang bisa dilakukan dengan memasukkan koleksi lagu ke folder khusus kemudian memilih stasiun radio khusus saat berkendara. Jadi, sembari mengemudi pemain juga dapat menikmati lagu favorit koleksinya.

Menyebalkan

Di balik segala fitur yang menyenangkan itu, masih ada satu aspek dari GTA IV yang tidak enak. Ya, sistem grafis yang digunakan oleh GTA IV terasa sangat menyebalkan. Rockstar membatasi pilihan utama dalam grafis, yaitu 'Texture Quality' pada 'Medium' atau 'Low' saja untuk kartu grafis dengan kapasitas memory 512MB. Padahal, secara teknis, kartu grafis tersebut sanggup sampai level 'High'.

Pada saat pertamakali menjalankan game ini, secara otomatis game akan menyesuaikan tingkat grafis dengan sistem yang dimiliki. Pada tampilan menunya juga terdapat informasi berapa jumlah memory kartu grafis yang digunakan yang berfungsi sebagai tolak ukur untuk menyesuaikan kualitas grafis.

Ada 2 pilihan grafis yang sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas grafis sekaligus dapat memberikan dampak yang buruk terhadap performa keseluruhan, yaitu :

Texture Detail: Pilihan yang amat vital ini akan 'dikunci' oleh Rockstar jika sistem yang digunakan dianggap tidak cukup, padahal dengan menaikan tingkat 'Texture Detail' akan didapat gambar yang lebih detail dan lebih tajam.

View Distance : Ini adalah salah satu pilihan yang juga dapat menguras memory video card yang digunakan, untungnya Rockstar menggunakan angka 0-100 untuk tingkatannya jadi akan lebih leluasa untuk menyesuaikannya.

Dengan meningkatkan level bar 'View Distance' akan didapat pandangan yang lebih luas, misalnya kita dapat melihat bangunan yang jaraknya sangat jauh. Sayangnya tidak ada menu 'Anti-Aliasing' dalam game ini sehingga grafis dalam game kurang halus dan tampak bergerigi di tepinya.

Dapat dikatakan bahwa GTAIV memang bener-benar 'haus' hardware, ketika mencoba game ini dengan sistem Athlon64 X2 3,2Ghz, memory 2GB dan kartu grafis ATI Radeon HD4850 detikINET hanya mendapatkan level 'medium' pada resolusi 1440X900 dengan rata-rata 24 Frame per second (FPS). Terasa sangat sulit dengan sistem di atas untuk mendapatkan 30 FPS bahkan ketika dicoba menurunkan resolusi sampai 1280X800, hanya dicapai tingkat 27 FPS. Namun hal ini dapat dimaklumi karena GTAIV lebih diperuntukan untuk sistem yang sudah menggunakan Quad Core prosessor.

Kesimpulan

Dengan kebutuhan hardware yang tinggi sekaligus berbagai bug yang menyertainya GTA IV tetap menjadi primadona game di tahun 2008, apalagi didukung dengan gameplay yang sangat bagus akan membuat GTA IV menyenangkan sekali ketika dimainkan. Bug dan kabar buruk soal game ini bisa terlupakan begitu permainan mulai berjalan.

Kelebihan:
+ Gameplay yang sangat bagus sekali.
+ Lingkungan terasa lebih hidup.
+ Varian musiknya lebih banyak dan perbincangan di radio juga lucu serta menghibur.
+ Ada keasyikan tersendiri dari fitur Video editornya.

Kekurangan:
- Membutuhkan hardware yang sangat tinggi untuk menjalankanya dengan lancar.
- Kendaraan sulit dikendalikan.
- Masih dijumpai beberapa bug.

tapi gan sulit juga kalok harus download coz 15gb, gue saranin beli aja tu kasetnya..
oke gan..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

cari ajah disini

Memuat...

Mengenai Saya

Foto saya
pemalas.. selalu merasa bosan.. pengennya happy.. selalu kurang puas.. merasa stupid.. pdhe nomer satu.. nggak bisa di ganggu pada saat nonton pelm.. bawak'anya nyantai.. wajah boleh PUNK tapi hati tetap PINK

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.